Tugas mahasiswa


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang, seperti apa sih mahasiswa, tugas mahasiswa, dan hal lainnya. Mahasiswa adalah orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas (Sumber definisi,

Seperti apa sih mahasiswa?

Sedikit pengetahuan umum seperti apa mahasiswa, sama seperti murid sekolahan atau tidak? mirip tapi berbeda, nah lho? maksudnya, mahasiswa juga sama-sama mencari ilmu, berorganisasi, ada ekstrakulikuler seperti sekolah (di perguruan tinggi namanya adalah UKM/UKF) dan beberapa hal lainnya, tapi ketika kita menjadi mahasiswa kita harus bisa mencari bahan belajar selain yang diajarkan dalam kampus, mahasiswa juga diharapkan aktif saat perkuliahan seperti bertanya, aktif diskusi dan lainnya karena hal tersebut bisa menjadi nilai tambah, mahasiswa juga tetap menghadapi uts dan uas sama seperti saat di bangku sekolah jadi jangan pikir kalau sudah jadi mahasiswa gk akan ada ulangan lagi, ya.

Tugas seorang mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, sebaiknya memfokuskan diri untuk belajar dan melakukan penelitian. Kenapa harus fokus belajar? jelas, sebagai seorang mahasiswa harus memanfaatkan waktu yang ada dan uang untuk biaya perkuliahan, semakin kita bermalas-malasan belajar maka semakin lama kita lulus (ada orang yang tidak belajar di luat perkuliahan, dan hanya belajar di kampus tapi bisa lulus dengan sangat baik), yang ada dipikiran beberapa mahasiswa hanyalah "yang penting lulus", itu SALAH!!

Mau jadi apa kalau lulus cuma sekedar lulus? ilmu yang selama ini di dapat di perkuliahan gimana? buang pikiran seperti itu, sebagai mahasiswa kita harus bisa lulus dengan teori dan praktek yang selama ini kita dapatkan dari kampus ataupun luar kampus, dengan begitu kalian tidak kaget saat berada di dunia kerja. "IPK hanyalah angka" yap, istilah seperti itu banyak di gunakan orang-orang, memang benar IPK hanyalah sebuah angka kalau kita mendapat nya dari sebuah kecurangan seperti mencontek saat ujian misalnya.

Sudah dikatakan sebelumnya, mahasiswa tidak boleh bermalas-malasan untuk belajar, bagus bukan kalau kita mendapat IPK tinggi tapi ilmu yang kita dapat saat kuliah tidak kosong? selain teori, kita juga harus mendapatkan jam terbang dalam praktek nya agar saat bekerja nanti tahu apa yang akan di lakukan. Jadi mahasiswa juga tidak boleh melakukan titip absen, ataupun mencontek (katanya sih kalau tidak mau di titipin absen atau di conteki, bukan teman namanya, sekali lagi itu SALAH!!).

Saya juga baru dapat nasehat dari teman saya, "Tugas kamu itu sekarang kuliah, bagus kamu bisa kerja sampingan biar dapat uang tambahan. Tapi, kalau kerjaan mu malah mengganggu kuliah mu mending kamu nggak usah kerja, kecuali memang kamu nggak punya siapa-siapa lagi dan cuma kamu yang bisa membiayai dirimu sendiri". Teman saya juga menyarankan cari komunitas di luar kampus biar punya pengalaman lebih, apalagi saya suka alat musik kalau di kampus kan biasanya untuk yang seriusnya, nah cari komunitas di luar kampus dimana kita bisa senang-senang dengan hobi kita bukan untuk di seriuskan.

Sebagai mahasiswa juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat, banyak mahasiswa yang tidak menyadari tugas nya untuk mengabdi pada masyarakat (dulu saya juga masih belum sadar betul untuk mengabdi pada masyarakat). Pengabdian pada masyarakat tidak hanya melalui bakti-sosial saja, kita bisa memberikan pendidikan gratis ataupun membeli produk lokal juga termasuk pengabdian pada masyarakat.

Sebagai mahasiswa yang mempunyai tingkat intelegensi, dan kreatifitas yang tinggi kita bisa membangun masyarakat yang lebih maju lagi dan tidak untuk sesaat saja tapi kita terus melakukannya dalam jangka yang panjang. Kita mahasiswa harus bisa menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat.

Kesimpulan

Pada dasarnya tugas seorang mahasiswa adalah mencapai ilmu setinggi-tingginya, mempunyai kreatifitas untuk membangun masyarakat agar lebih baik lagi karena kita adalah bagian dari masyarakat. Jika kalian adalah mahasiswa yang masih di biayai orang tua atau orang lain, bersyukurlah dan jangan sia-siakan kesempatan itu, lulus lah dengan cepat dan dapat nilai terbaik tapi bukan hanya sekedar angka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN ONLINE MAHASISWA BARU 2017-2018

Kali ini saya akan posting. mengenai suku suku kanibal.