Langsung ke konten utama

SAYA BERKEYAKINAN, TIM DVI POLDA

SAYA BERKEYAKINAN, TIM DVI POLDA PAPUA BISA MENUNTASKAN IDENTIFIKASI 105 ORANG KORBAN, INI MENYANGKUT NYAWA MANUSIA

GALERI

Wakil Bangsa Papua – Rapat bersama tim DVI Polda Papua dihari ini, sebagai bagian dari fungsi pengawasan komisi V DPR RI dalam penanggulangan bencana di wilayah sentani, kabupaten jayapura, pasca 7 hari peristiwa banjir bandang yang mengakibatkan 105 orang tewas, dan baru 61 jenazah yang teridentifikasi.
Dalam rapat tersebut, saya menghimbau kepada jajaran Tim DVI post mortem Polda Papua, agar tetap fokus menuntaskan pekerjaan mereka (bekerja proper dan sungguh-sungguh), mengidentifikasi seluruh jenazah korban yang sudah ditemukan sejauh ini berjumlah 105 korban.. Tidak ada kata menyerah, ini persoalan nyawa manusia, apalagi dalam tradisi di Tanah Papua, setiap keluarga yang ditinggalkan harus mendapatkan kepastian akan nasib anggota keluarganya.
Di Tanah Papua, setiap peristiwa duka, semua anggota keluarga akan berduka, menangis berhari hari, ada yang memotong jari tangan, ada yang menutup jalan, bahkan ada yang sampai mengadakan perang adat (jika itu menyangkut perselisihan).. Sehingga saya meminta kepada seluruh jajaran Tim DVI post mortem Polda Papua, agar mereka meneruskan upaya pengungkapan identitas jenazah yang saat ini baru mencapai 61 korban.. berarti ada 44 korban lagi yang belum diketahui dari mana asalnya.
Saya juga menghimbau, agar seluruh jenazah korban, dirawat, sebagai bentuk penghormatan adat di Tanah Papua, yang memperlakukan jenazah dengan baik, jika perlu dilakukan pembalseman, kepada mereka yang sudah dipastikan beragama kristen (sesuai ajaran agamanya). Jika memungkinkan, jenazah yang sudah diidentifikasi, dikembalikan kepada anggota keluarganya, dalam keadaan baik, untuk segera dilakukan upacara pemakaman. sehingga, tidak ada yang namanya kuburan massal, jumlah korban itu tidak mencapai ribuan jiwa, sehingga 105 korban yang telah ditemukan, harus diupayakan dimakamkan secara layak, menurut tradisi ajaran agamanya masing masing.
Kami menghimbau pula kepada keluarga korban, agar tetap bersabar, menunggu hasil kerja Tim DVI Polda Papua, karena proses identifikasi jenazah itu tidaklah mudah. Kita menyadari bahwa musibah ini adalah duka bagi kita semua, duka bagi seluruh rakyat di Tanah Papua. Oleh karena itu, ucapan terimakasih juga harus kita berikan kepada jajaran Pemda Kabupaten Jayapura, Gubernur Papua, Tim DVI Polda Papua, Basarnas, BNPB Provinsi dan Kabupaten, jajaran PU, Jajaran perhubungan, seluruh relawan masyarakat, yang sudah bekerja keras selama 1 pekan lamanya, untuk memberikan dukungan dalam bentuk tenaga, pikiran, doa, kerja keras, waktu, keahlian dan pendanaan, untuk memulihkan lembah sentani, dari peristiwa bencana, yang membawa duka bagi kita semua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN ONLINE MAHASISWA BARU 2017-2018

Kali ini saya akan posting. mengenai suku suku kanibal.