Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )

Jumat, 15 Maret 2019
Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )

BANGSA-BANGSA LAIN AKAN MENDENGAR INJIL ( KABAR KESELAMATAN )
Kisah Para Rasul 28:12-23

"Sebab itu kamu harus tahu, bahwa keselamatan yang dari pada Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya." (28)

Shalom, sahabat-sahabatku pembaca setia BGA yang dikasihi Tuhan Yesus, setelah tiga hari tiba di Roma, Paulus mengundang orang-orang terkemuka bangsa Yahudi dan pada kesempatan itu ia menjelaskan tentang masalah hukum yang sedang dijalaninya sampai harus naik banding kepada kaisar. Paulus menjelaskan bahwa  sesungguhnya tidak didapati kesalahan  pada kasusnya ini kepada bangsanya atau terhadap adat istiadat nenek moyang mereka mulai dari Yerusalem ia ditangkap sampai diserahkan kepada orang-orang Roma,  melainkan karena pengharapan Israel lah yang digenapi di dalam Kristus. Paulus menegaskan bahwa sesungguhnya mereka hendak melapaskannya dari tuntutan hukuman mati (17-20). Oleh sebab itu orang-orang Yahudi terkemuka ini ingin mendengar langsung dari Paulus tentang ajaran yang disebarkan olehnya dan tentang dirinya yang mereka dengar tentang kejahatannya. Tentang hal inilah mereka menentukan waktunya kepada Paulus untuk bertemu dan menjelaskannya dan inilah saatnya di tempat tumpangannya dan dalam jumlah yang besar dari pagi sampai sore. Paulus menerangkan dan memberi kesaksian tentang Kerajaan Allah dan tentang Yesus, namun diantara mereka ada yang dapat diyakinkan dan ada juga yang tidak percaya. Pertemuan ini berakhir tanpa ada kesesuaian diantara mereka, tetapi Paulus sempat mengatakan kutipan dari nabi Yesaya bahwa bangsa Israel telah mengeraskan hati, sebab itu keselamatan harus disampaikan kepada bangsa-bangsa lain (21-23).

Para sahabat-ku yang terkasih dalam Yesus, inilah yang merupakan titik awal yang bersejarah berita Injil Kerajaan Allah, Keselamatan dan tentang Yesus Kristus harus disampaikan kepada bangsa-bangsa lain oleh Rasul Paulus. Kekirstenan sampai hari ini dan sampai akhir zaman adalah buah dari pelayanan Paulus, sekalipun rasul-rasul lain juga memiliki peran yang sama sejak hari Pentakosta. Namun Pauluslah yang sangat mempengaruhi kekristenan dan dapat dilihat dari surat-suratnya. Memang sesungguhnya keselamatan dan Allah bukan monopoli milik Yahudi saja, namun milik seluruh mahkluk. Janji dan berita keselamatan sesungguhmya sudah ada dan sudah disampaikan kepada Adam anda Hawa di Taman Eden sejak kejatuhannya ke dalam dosa ( Kej 3:15 ), dan kepada Nuh dan keluarganya saja yang diselamatkan ketika air bah melanda bumi dan memusnakan manusia ( Kej 7 ), dan sekarang bumi terpelihara oleh api ( 2 Pet 3:7 ). Kemudian TUHAN memanggil Abraham dan melalui keturunannya, yakni Ishak dan Yakub, bapa orang Israel seluruh bangsa akan memperoleh berkat jasmani dan rohani ( keselamatan ) di dalam dan melalui Yesus Kristus, keturunan Yehuda.

Sobat yang terkasih, kita patut bersyukur bahwa kita yang dahulu bukan umat dan yang sekarang menjadi umat-Nya, yang dahulu jauh menjadi dekat oleh darah Kristus, yang dahulu termasuk orang-orang durhaka dan yang sekarang memperoleh hidup bersama dengan Kristus oleh kekayaan rahmat-Nya yang melimpah.

Namun sobat, apakah kita hanya berhenti sampai disitu saja ? Apakah kita berpangku tangan saja melihat orang-orang yang masih hidup bergelimang dengan dosa dan akan binasa, masuk dalam perapian yang kekal ? Ataukah kita mau turut aktif berdoa, bersaksi dan memberitakan Injil dan kebaikan-kebaikan TUHAN ? Ingatlah perkataan Yesus bahwa Injil Kerajaan ini harus diberitakan menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya ( Mat 24:14 ). Kita yang adalah umat dan hamba-Nya yang menantikan langit dan bumi yang baru dan mempercepat kedatangan hari Allah seraya hidup suci dan saleh ( 2 Pet 3:11-13 ).

Roma 11:25-32 (TB)
25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.
27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."
28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.
30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka,
31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.
32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

Tuhan Yesus memberkati 🙏

Salam dan doa 🙏
Christian T

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN ONLINE MAHASISWA BARU 2017-2018

Kali ini saya akan posting. mengenai suku suku kanibal.