Warga yang mengungsi akibat banjir bandang Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua terus berdatangan di sejumlah posko pengungsi hingga Senin (18/03) pagi.


Pengungsi banjir Sentani
Image captionKedatangan pengungsi korban banjir bandang di posko pengungsian karena ketakutan akan banjir susulan di sekitar tempat tinggalnya.

Warga yang mengungsi akibat banjir bandang Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua terus berdatangan di sejumlah posko pengungsi hingga Senin (18/03) pagi.
Seperti dilaporkan wartawan BBC News Indonesia, Ayomi Amindoni dari Sentani, kedatangan pengungsi korban banjir bandang, rata-rata ketakutan akan banjir susulan di sekitar tempat tinggalnya.
Apalagi, sejak Minggu (17/03) malam, wilayah Sentani dan sekitarnya dilanda hujan deras.
Salah-seorang pengungsi, Ekmira, bersama keluarganya berbondong-bondong ke posko pengungsi di Kantor Bupati Jayapura.
Dia mengungsi sejak Minggu (17/03) malam, karena panik akan adanya terjangan banjir susulan, walau rumanya di kawasan Yowari "aman dari terjangan banjir.

Image copyrightBBC NEWS INDONESIAbanjir sentani
Image captionEkmira, warga Yowari yang terpaksa mengungsi karena was-was banjir susulan di Sentani, Papua.

"Malam tu banjir lagi to . Banjir sekali to , jalan kaki ke sini," ujar Ekmira ketika ditemui BBC News Indonesia di posko pengungsi Kantor Bupati Jayapura, Senin (18/03) pagi.
Kekhawatiran yang sama juga diungkapkan warga bernama Agus Soleh, yang tinggal di Doyo Baru -salah satu daerah yang terparah kena dampak banjir bandang, di distrik Waibu. Dia mengungsi sejak Minggu malam.
"Kami datang mengungsi di sini karena ada informasi dari BMKG 'kalau bisa [Minggu] sore atau malam mengungsi', karena katanya ada [banjir] yang lebih besar lagi. Jadi kita sekeluarga mau tak mau harus mengungsi," ujar Agu


banjir sentani
Ima
banjir sentani
Ima
banjir sentani

Dia memaparkan kondisi rumahnya yang diterjang banjir bandang hingga kini tertutup lumpur walaupun tidak terlalu parah.
"Lumpur ada di depan rumah," ungkapnya.
Bahkan banjir bandang, Sabtu (16/03) malam, membuat akses jalan tertutup dengan material lumpur dan kayu, membuatnya terperangkap di dalam rumah.

Image
banjir sentani

Setelah banjir surut, akhirnya dia dan keluarganya berhasil mengevakuasi diri.

Berapa jumlah korban meninggal dunia?

Bupati Jayapura Mathius Awoitau mengungkapkan data dari posko terpadu menyebutkan, pengungsi yang dievakuasi di Kantor Bupati Jayapura bertambah menjadi 4.286 orang.
Diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah, katanya.
"Sementara korban yang meninggal masih berjumlah 68 orang. 41 orang luka berat kemudian 75 luka ringan," ujar Mathius saat ditemui di posko pengungsian pada Senin pagi.
"Semua tim medis stand by untuk menangani korban-korban," kata dia.

Image c
Bupati Jayapura Mathius Awoitau
Image captionBupati Jayapura Mathius Awoitau mengungkapkan data dari posko terpadu menyebutkan, pengungsi yang dievakuasi di Kantor Bupati Jayapura bertambah menjadi 4.286 orang.

Hujan dengan intensitas yang terus terjadi, kata Mathius, semakin memperparah kondisi area yang terdampak banjir. Apalagi, BMKG memperkirakan hujan akan terus terjadi beberapa hari ke depan, kata Bupati.
"Kita harus antisipasi, kalau hujan lagi pengungsi akan bertambah," tegasnya.
Mathius menambahkan, untuk keperluan para pengungsi dibutuhkan tambahan kebutuhan pokok dan selimut. Untuk sementara, para pengungsi tinggal di gedung-gedung pemerintahan.

Image copyrightBBC NEWS INDONESIAbanjir sentani
Image caption"Kami datang mengungsi di sini karena ada informasi dari BMKG 'kalau bisa [Minggu] sore atau malam mengungsi', karena katanya ada [banjir] yang lebih besar lagi. Jadi kita sekeluarga mau tak mau harus mengungsi," ujar seorang pengungsi.

Dengan bertambahnya pengungsi, dia mengatakan koordinasi diperlukan untuk melakukan penanganan dengan baik.
Dia pun menghimbau kepada warga untuk terus waspada akan adanya banjir susulan.

Fokus pada evakuasi warga korban banjir

Dia menegaskan evakuasi warga menjadi fokus penanganan, sambil terus membereskan akses jalan yang tertutup material lumpur dan kayu agar mobilisasi tim evakuasi dan kesehatan bisa tertangani dengan baik.

Image copyrigh
banjir sentani
Image captionBupati Jayapuran pun menghimbau kepada warga yang terdampak banjir untuk terus waspada akan adanya banjir susulan.

"Ada jembatan juga nyaris putus, makanya diantisipasi juga bagaimana penanganan daruratnya. kita sedang berkoordinasi dengan Kementerian PU supaya semua bisa ditangani
Adapun akses ke beberapa daerah masih terputus, membuat evakuasi sulit dilakukan. Antara lain, distrik Refenirara yang berada di daerah pesisir pantai yang berhadapan dengan lautan Pasifik, dan lembah Grime dan Yapsi.

Image copyrightBBC NEWS INDONESIAbanjir sentani
Image captionWarga yang mengungsi akibat banjir bandang Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua terus berdatangan di sejumlah posko pengungsi hingga Senin (18/03) pagi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan hingga kini tercatat 350 rumah rusak berat akibat terjangan banjir bandang, 3 jembatan permanen rusak berat, 8 buah drainase rusak berat.
Lalu, terdata empat ruas jalan di Sentani rusak berat, 1 buah masjid rusak, sebanyak 8 sekolah rusak berat, pasar lama Sentani rusak akibat musibah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN ONLINE MAHASISWA BARU 2017-2018

Kali ini saya akan posting. mengenai suku suku kanibal.