DOA ORANG BENAR SANGAT BERKUASA
Yakobus 5:13-18
Pendahuluan: siapa diantara kita disini yang saat ini sedang mengalami sakit? Sakit pusing kah, pilek kah. Deman kah sakit hati  karena cinta…saya percaya kita semua pernah mengalami sakit baik itu ringan maupun sakit yang parah….banyak diantara kita yang sering masuk di rumah sakit karena malaria dan itu sangat menyakitkan. Pada pagi hari ini kita akan belajar bagimana kita sebagai orang Kristen harus berdoa kepada Allah. Sebab doa orang benar sangat besar kuasan-Nya.
gama: Orang Kristen harus rajin berdoa, karean dengan berdoa kita menjadi kuat.
caliper: Bagimana caranya agar berdoa kita di dengar oleh Tuhan??
I.            Berdoa dengan iman (ayt 13-15)
·         Dalam ayat 13a disana dikatakan bahwa jika kita sedang mengalami penderintaan kita harus berdoa.
·         Sebagai mahasiswa yang hidup di perantauan seringkali jika kita mengalami kesulitan keungan, baru siapa yang pertama kali kita hubungi?? Kaka2, orang tua, penjabat2 yang banyak duitnya siapa?? Kita lupa bahwa kita punya Tuhan yang kaya karya, kenapa kita tidak meminta kepada Tuhan didalam doa. Seharusnya Tuhan yang lebih kita utamakan ketika kita dalam kesulitan.
·          Ketika kita sakit kita haus berdoa. Coba kita perhatikan ayat 14. Pada waktu itu jika ada jemaat yang sakit mereka memanggil, hamba Tuhan, penatua jemaat untuk mendoakan mereka. Seperti yang kita lakukan disini, kalau ada teman yang sakit kita sebagai orang percaya kita memiliki kuasa untuk mendoakan teman kita itu. Dan jika kita mendoakannya dengan iman maka Tuhan akan menyembuhkan teman kita itu. Hal yang baik ini harus jemaat pertahankan dan terus ditingkatkan.



Ilustrasi: saya setiap awal bulan tanggal 1-3 diajarkan oleh bapa pdt. Lipyus untuk mengambil waktu dengan berdoa dan berpuasa. Tujuannya adalah untuk saya mendekat diri dengan sang pencipta. Dengan berdoa dan berpuasa saya merasa bahwa iman saya terus dikuatkan oleh Tuhan. Saat itu juga saya menaikan doa-doa pergumulan hidup kepada Allah.
Aplikasi : Jadi iman adalah kunci dari kekristenan. Kita diselamatkan oleh iman kepada Yesus Kristus. Oleh sebab itu ketika kita berdoa kita harus mendoakannya dengan iman yang teguh di dalam Kristus.
II.            Berdoa dengan yakin (16)
·         Ayat ini mengajarkan kita untuk kita saling mengaku dosa dan saling mendoakan.
·         Sebagai orang percaya kita harus saling mendoakan dan saling menguatkan.
·         Siapa yang dimaksud dengan orang benar, dalam ayat 16 ini?
·         Orang benar adalah orang yang percaya kepada Kristus. Di luar Yesus tidak seorang pun yang benar dan hidup benar. 2 kor. 5:21 ( Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah). Jadi disebut orang benar adalah suadara dan saya yang sudah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat kita. Jadi, jangan bermimpi saudara mau membenarkan diri sendiri melalui usaha sendiri.
·         Tetapi, setelah kita dibenarkan oleh iman kepada Kristus, kita juga harus menjaga kesucian. Memang kita tidak mungkin bisa suci , tetapi kita tidak boleh hidup dalam dosa, karena ini akan kembali menghalangi doa kita. Kitab suci menekankan bahwa dosa menghalangi doa. (Yoh 9:31).
·         Diayat ini dikatakan bahwa; (doa orang benar adalah saudara dan saya) bila dengan yakin didoakan bahwa sangat besar kuasanya.
·         Jadi ketika kita berdoa kita harus yakin bahwa kita sudah mendapatkan-Nya.


Ilustrasi : yusuf ketika berada di rumah potifar pada saat itu Yusuf digoda oleh istri potifar, ia diajak tidur namun Yusuf memilih untuk lari dan tidak berbuat dosa. Inilah contoh hidup orang Kristen harus dapat menjaga hidupnya dari dosa.
Aplikasi : orang yang  benar adalah  orang yang suka menuruti kemauan Allah. Yaitu suka akan Firman Allah. Seorang hidup yang benar berararti ia tidak melakukan kejahatan dan menjahukan dosa dari hidupnya atau tidak kompromi dengan segala bentuk kejahatan. Jangan lagi mambuk2kan, dan jangan lagi main perempuan dan membuang2 waktu untuk hal2 yang tidak berguna. Tujuan kita datang ketempat ini untuk belajar jadi belajarlah yang baik.
III.            Berdoa dengan sungguh-sungguh (17-18)
·         Berdoa dengan sungguh-sungguh berarti percaya dan tekun berdoa. Berdoa dengan sungguh-sungguh adalah doa seseorang yang mempercayai Tuhan tanpa meragukan kuasa Tuhan. Seorang yang berdoa penuh dengan keyakinan pasti akan terjadi. Karena ia berdoa dengan ketekunan atau kesungguhan hati diserta dengan keredahati.
·         Dalam ayat ini rasul yakobus mengutip seorang tokoh yaitu nabi Elia. Kesungguhan Elia dalam berdoa terlihat dalam 1 Raja-raja 18:41-21, dimana Elia berlutut dalam doa meminta hujan, maka datang hujan. Itulah doa yang sungguh-sungguh.
Ilustrasi: contoh doa yang sungguh-sungguh yaitu orang-orang tua kita dikampung sana mereka bangun pagi sebelum matahari terbit. Pagi-Pgi buta mereka sudah berlutut dan menaikkan doa-doa. Mereka berdoa untuk kita anak-anak-Nya yang sedang menuntut llmu di tempat-tempat yang jauh. Bahkan mereka sering berpuasa untuk mendekakatkan diri dengan Tuhan sehingga doa-doa mereka didengar Tuhan. Kita juga yang masih muda ini sebaiknya kita juga harus rajin berdoa dan berpuasa.
Aplikasi : kalau saudara berdoa, apakah saudara sungguh-sungguh atau asal berdoa.?? Jika doa2 saudara ingin dijawab oleh Tuhan makan saudara harus berdoa dengan sungguh2. Sediakan waktu untuk berdoa secara pribadi kepada Tuhan, maukah saudara ku meniru Elia dalam berdoa? Tuhan memberkati saudara.

Penutup: jika kita mau doa kita dijawab oleh Tuhan, maka kita harus
1.      Berdoalah dengan iman.
2.      Berdoalah dengan yakin.
3.      Berdoalah dengan sungguh-sungguh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN ONLINE MAHASISWA BARU 2017-2018

Kali ini saya akan posting. mengenai suku suku kanibal.